Sebelum membahas mengenai harga behel keramik dan behel sapphire kita akan menjelaskan terlebih dahulu kenapa disebut behel keramik dan apa kelebihan dan kekurangannya. Disebut behel ceramic atau ceramic braces karena memang terbuat dari material bahan sewarna gigi ceramic. Jenis ini biasa digunakan oleh pasien yang ingin tidak terlalu tampak menonjol saat melakukan perawatan orto. Dari segi fungsinya sebagai alat perapi gigi sebetulnya memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan behel berbahan metal. Behel berbahan ceramic lebih sering atau rentan sekali lepas dan pecah terutama jika digunakan pada kasus kasus berat.

harga behel keramik & harga behel sapphire

Berbeda sekali dengan behel sapphire, selain warnanya yang transparan bahkan lebih bening menyerupai ice sehingga sering disebut sebagai ice bracket. Behel sapphire ini juga memiliki kelebihan dari behel bahan lainnya baik metal ataupun ceramic. Seperti kombinasi dari 2 kelebihan metal dan ceramic, jenis ini tidak rentan pecah atau lepas sehingga sangat baik digunakan baik pada kasus ringan hingga kasus berat.

Berapa Harga Behel Keramik dan Behel Sapphire ?

Berikut ini adalah tabel daftar harga behel keramik dan behel sapphire yang berlaku di klinik mitra Klik Dentist di Indonesia, diantaranya :

Jenis Behel Transparan

Harga (Rp)

Ceramic (Konvensional)

3.500.000-5.000.000

Sapphire (Konvensional)

7.000.000-10.000.000

Ceramic (Self Ligating)

12.000.000-17.000.000

Sapphire (Self Ligating)

20.000.000-25.000.000

Jika secara visual kedua jenis behel diatas memang hampir sama atau mirip satu sama lain dan cukup sulit dibedakan terutama bagi kaum awam. Namun dari segi kualitas sangat jauh berbeda sehingga tentu saja berpengaruh ke harga yang memiliki selisih hingga 2 jutaan.

Selain dari segi kualitas bahan dan harga tentu saja pada kasus yang dialami pasien. Jika behel berbahan ceramic hanya dapat digunakan pada kasus-kasus kelas ringan, berbeda sekali dengan behel berbahan sapphire yang dapat digunakan pada segala kasus baik kelas ringan hingga kelas berat.

Dengan penjelasan singkat diatas diharapkan kita semua dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kasus serta kemampuan keuangan yang dimiliki.